Check this out

Tuesday 5 July 2011

Bagaimana komputer anda mendapat IP Address sebagai pengenal di Jaringan?

Seperti dengan rumah kita yang mempunyai alamat ada di jalan apa dan nomor berapa, komputer juga mempunyai pengenal sebagai alamatnya. Alamat dari komputer anda ini biasa dikenal dengan IP address. IP address merupakan alamat dari komputer agar dapat dikenali di dalam jaringan yang berisi angka – angka tertentu. Sebenarnya dari mana asal IP address yang ada di komputer anda, komputer mendapatkan IP Address dengan 2 cara yaitu :

1. Statik IP Address
IP address didapat komputer dengan cara diberikan secara manual sesuai dengan jaringan kantor anda agar komputer anda dapat dikenali di jaringan kantor anda, misalnya 10.110.10.15. Pada jaringan its-berry.inc pembagian IP address disesuaikan dengan Cabang dan dilakukan dengan cara static IP address. Untuk pembuatan IP Address di komputer anda klik Start, klik Control Panel, double klik Connection, double klik Local Area Connection, klik Properties, pilih Internet Protocol, klik Properties, klik Use the Following IP address lalu masukan IP addressnya atau dengan cara klik Start, klik Run, ketikan ncpa.cpl, double klik Local Area Connection, klik Properties, pilih Internet Protocol, klik Properties, klik Use the Following IP address lalu masukan IP addressnya.

Global Network

2. Dinamik IP Address
IP address di dapat oleh komputer dengan cara otomatis dari DHCP server, dimana komputer berfungsi sebagai DHCP client. Untuk mendapatkan IP Address secara otomatis dengan cara klik Start, klik Run, ketikan ncpa.cpl, double klik Local Area Connection, klik Properties, pilih Internet Protocol, klik Properties, klik Obtain an IP address Automatically. Kalau ada DHCP server, IP address akan otomatis diberikan oleh DHCP server jika tidak ada DHCP server IP address otomatis diberikan 169.254.x.x atau yang biasa dikenal sebagai APIPA ( automatic Private IP address ) namun jika komputer anda mempunyai IP address seperti ini maka komputer anda tidak dapat berkomunikasi dengan komputer lain yang ada dijaringan local perusahaan anda apalagi jika ingin berinternet

2 comments:

Popular Posts