Thursday, 8 September 2011

Project Management

Hari ini saya sedang mengerjakan beberapa project terkait mandatory upgrade SWIFTNet 7 untuk para pengguna SWIFT di Indonesia. Mengisi waktu luang, ingin sama-sama belajar dan mengingat kembali hal-hal yang terkait dengan project management.

Project secara sederhana adalah suatu urutan peristiwa yang dirancang dengan baik dari awal sampai akhir yang diarahkan untuk mencapai tujuan yang jelas dan dipimpin oleh orang dengan parameter seperti waktu, biaya, resource dan kualitas.

Apa sih yang dimaksud dengan project management itu, mungkin kalian sudah bisa menerka dari namanya #project management. Project management penerapan dari prinsip-prinsip management untuk merencanakan (plan) , pelaksanaan (execution), organisasi, pengawasan (control) dan mengarahkan project.

Adapun hal-hal terkait project management diantaranya :

- Milestone adalah kejadian yang sangat diperlukan pada suatu project. Milestone menyatakan suatu peristiwa atau kondisi yang menandai penyelesaian sekelompok tugas  yang berhubungan, atau penyelesaian suatu tahap dari project. Milestone dapat membantu  mengelola tugas-tugas kedalam kelompok atau urutan-urutan logikal.

Project Milestone
Acara halal bil halal Vensys Lokasi Siap
  Undangan terkirim
Ruangan tertata

- Deliverable dapat berupa document, program, data. layanan atau object yang dihasilkan internal atau eksternal.

- Prinsip penting management adalah keputusan berdasarkan fakta bukan berdasarkan perkiraan.

-

- Bagian kritis atas terselesainya proyek secara keseluruhan. Ini artinya, tidak terselesaikannya tepat watu suatu pekerjaan yang masuk dalam pekerjaan kritis akan menyebabkan proyek akan mengalami keterlambatan karena waktu finish proyek akan menjadi mundur atau delay. CPM dibangun atas suatu network yang dihitung dengan cara tertentu dan dapat pula dengan software sehingga menghasilkan suatu rangkaian pekerjaan yang kritis.Dalam konsep menggunakan milestone dan CPM secara integrated ini secara sederhana bermaksud untuk membuat schedule yang berukuran besar pada proyek besar menjadi schedule yang lebih kecil. Secara logika kita pahami bahwa schedule yang lebih kecil berarti  schedule tersebut lebih managable atau dapat lebih mudah untuk dikelola.

2 comments:

Popular Posts