Saturday, 17 September 2011

Pengamanan PC dari Akses Secara Fisik Tidaklah Sulit Dilakukan

computerlocked1Banyak orang mengira bahwa komputer mereka sudah aman dari hacker maupun malware, karena telah menginstal anti virus dan patch terbaru. Padahal tidak perduli berapa banyak software Antivirus yang diinstal, selalu melakukan scan malware tiap waktu dan mengupdate patch tebaru, tetap komputer anda tidak aman selama cara anda menggunakan komputer membuat komputer anda rentan terhadap hacker maupun malware. Untuk itu sudah saatnya anda tahu mengenai keamanan dasar terhadap komputer agar terhindar dari masalah yang disebabkan oleh akses fisik ke komputer anda.

Tipe-tipe Blackberry 2011


1. Buatlah Beberapa User yang Berbeda
Sepertinya terlihat lebih mudah jika anda masuk ke Komputer tanpa harus di tanya login sebagai siapa dan password-nya apa, tapi itu sama sekali tidak aman. Sebaiknya buatlah beberapa user account yang berbeda dengan hak akses yang paling rendah terhadap sistem komputer, ini mengurangi resiko terinfeksi dari malware karena adanya instalasi suatu software. Jangan pernah memberikan user dengan hak yang dimiliki oleh administrator.


2. Jangan Pernah Menyimpan Password Pada Web Browser
Menyimpan password di web browser memang nyaman dan Anda tidak mungkin gagal pada saat login ke web tersebut. Namun kenyamanan ini mempunyai resiko yang besar karena jika ada user lain yang login ke komputer Anda maka orang tersebut bisa akses ke web yang Anda akses tanpa ada otentikasi lagi.


3. Lock Screensaver
Memberikan password pada Screensaver adalah suatu hal yang penting. Screensaver akan aktif ketika dalam beberapa menit komputer tidak digunakan ini sangat berguna sehingga jika ada orang yang akan login ke komputer anda harus tahu password dari screensaver-nya baru dapat login.


4. Selalu Update Patch
Pastikan komputer Anda telah terupdate dengan patch terbaru untuk menutup security holes yang ada pada sistem operasi yang digunakan. Dengan selalu meng-update patch Anda telah mengurangi resiko terinfeksi dari malware dan serangan dari hacker.

No comments:

Post a comment

Popular Posts