Friday, 27 May 2011

Perhatikan Keamanan dalam menggunakan Third Party Software

third-party-applicationTidak dapat dipungkiri bahwa saat ini pengguna komputer banyak menggunakan Third Party Software. Third Party Software dan Plug-in sering digunakan untuk menambah fungsionalitas yang lebih besar dan  kenyamanan solusi misalnya firewall dan aplikasi audio enchancer.

Menggunakan Software Third Party boleh–boleh saja asalkan anda pastikan bahwa software tersebut tidak membahayakan keamanan PC anda bahkan perusahaan tempat anda bekerja. Beberapa pengguna komputer memang ada yang membeli Software Third Party tersebut dari Vendor sehingga risiko keamanan yang timbul sangat kecil, tetapi banyak pengguna komputer yang mendapatkan Software Third Party tersebut dengan cara men-download dari situs–situs Shareware yang keasliannya diragukan apalagi masalah keamanannya.

security computerYang anda harus ingat adalah bahwa ada beberapa software yang tidak dapat dengan mudah anda buang (remove) walaupun anda telah melakukan uninstall. Jadi jangan anda tergesa untuk menggunakan Software Third Party hanya karena fitur–fitur yang ada, tapi perhatikan juga dari sisi keamanannya. Lakukan hal–hal di bawah ini untuk memastikan keamanan dari Software Third Party yang ingin digunakan :

  1. Gunakanlah Software Third Party asli dari vendornya
  2. Jangan menggunakan Software Third Party yang anda download atau anda dapat dari sumber yang tidak dipercaya.
  3. Pastikan software tersebut terupdate patch terbaru
  4. Periksa adanya support dari vendor yang bersangkutan
  5. Baca dengan teliti perjanjian yang ada dan periksa apakah software tersebut dapat mengubah konfigurasi sistem anda
  6. Pastikan kompatibilitas dengan operating system yang anda gunakan
  7. Review kembali kegunaan dan keperluan dari software sebelum meng-install-nya

No comments:

Post a comment

Popular Posts