Check this out

Saturday 2 April 2011

Java Tutorial untuk pemula 1

Step-step yang harus kalian lakukan untuk membuat sebuah program Java adalah:

  1. Install JDK pada komputer anda, kemudian anda harus memasukkan path ke direktori JDK Anda ke setting path pada sistem operasi Anda. Misalkan direktori JDK Anda adalah C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_17\bin maka pada Windows 98 Anda cukup menambahkan baris perintah SET PATH=C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_17\bin pada file autoexec.bat Anda. Untuk Windows NT/2000/XP Anda cukup menambahkan direktori C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_17\bin pada variabel path di System Environment. Caranya: klik kanan ikon My Computer, pilih Properties. Kemudian pilih tab Advanced. Lalu klik tombol Environment Variables, cari variabel path, kemudian tambahkan path direktori JDK Anda ke dalam variabel tersebut. Untuk Linux, tambahkan baris perintah SET CLASSPATH=(direktori jdk Anda) ke file profile Anda. Untuk mencoba JDK , ketikkan perintah java dan javac pada shell prompt (atau DOS Command Prompt). Jika perintah tersebut sudah dikenali maka program java atau javac akan menampilkan sintaks penggunaan.
  2. Membuat source code program dengan editor teks apapun. (File tersebut harus berekstensi .java, filename sama dengan public class dan case sensitive).
  3. Mengkompile source code dengan perintah javac. Misalnya: javac ItsBerry.Java. Jika berhasil, hasilnya adalah file bytecode berakhiran .class.
  4. Mengeksekusi bytecode dengan perintah java. Parameter dari perintah ini adalah nama file hasil kompilasi tanpa ekstensi .class. Contoh: java HelloWorld.

** Setting environtment variable: set Path=%Path%;C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_17\bin

 

1.   Source Code ItsBerry.java:

 

public class ItsBerry
{
public static void main(String[] args)
{
System.out.println(“is it berry?”);
}
}

2. Mengkompile source code ItsBerry.java dengan peintah javac

 

3. Menjalankan Sourcecode yang telah dibuat dengan perintah java

1 comment:

  1. terimaksih tutorialnya ....mantabs....
    www.gending-cc.co.cc

    ReplyDelete

Popular Posts