Tuesday, 10 May 2011

Cara Menghemat Baterai pada iPad, iPhone, dan iPod Touch

Menurut Apple, baterai iPad dapat bertahan selama 10 jam jika digunakan dengan penggunaan normal dan WiFi diaktifkan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk dapat menghemat pemakaian baterai iPad Anda yang juga berlaku untuk perangkat iPhone dan iPod Touch:

  1. Hindari perangkat terpapar oleh sinar matahari secara langsung seperti diletakkan di dashboad mobil, karena panas sangat cepat mengurangi daya baterai.
  2. Kurangi terangnya layar "screen brightness", jika menggunakan terang layar secara maksimal akan banyak menghabiskan daya baterai. Layar iPad sudah cukup jelas dengan cahaya minimal khususnya pada malam hari atau di dalam ruangan. Usahakan atur screen brightness 30% dengan cara: Settings -> Brightness & Wallpaper, dan atur Brightness 30%.
  3. Atur waktu Screen Lock secara cepat, semakin cepat screen lock (layar mati jika tidak digunakan dalam periode tertentu) semakin besar penghematan daya baterai didapatkan. Caranya adalah dengan masuk
    kedalam Setting-> General->Auto-Lock kemudian atur waktu secepat mungkin.
  4. Gunakan Mode Airplane jika tidak membutuhkan internet, jika anda sedang membuat atau membaca document dalam jangka waktu lama dan tidak membutuhkan jaringan internet sebaiknya menggunakan
    mode Airplane.
  5. Matikan 3G jika tersedia WiFi, penggunaan 3G lebih boros daya baterai dari pada menggunakan WiFi. Jika di lokasi tersedia sarana WiFi sebaiknya matikan 3G untuk penghematan daya.
  6. Kurangi frekuensi sinkronisasi email, jika sinkronisasi email dilakukan secara manual ataupun dalam rentang waktu yang lama maka dapat menghemat penggunaan baterai. Caranya adalah melalui Settings –> Mail, Contacts, Calendars -> Fetch New Data kemudian pilih “Off” untuk sinkronisasi manual atau set dengan waktu yang lama.
  7. Matikan Bluetooth, jika tidak menggunakan bluetooth sebaiknya fungsi ini dimatikan saja dengan cara Settings -> General -> Bluetooth pilih “Off”.

ipad

No comments:

Post a comment

Popular Posts