Thursday, 26 May 2011

Pengetahuan Dasar Troubleshooting Masalah IT

troubleshooting-guidesPermasalahan yang terjadi di Cabang perusahaan  tidak mengenal hari dan waktu sehingga kta tidak dapat mengandalkan hanya satu orang untuk menangani masalah. Untuk itu diharapkan semua pegawai yang ada dapat mengerti dan dapat melakukan langkah dasar dalam menangani masalah yang terjadi.

Khusus untuk permasalahan IT biasanya jika ada masalah maka pihak Cabang perusahaan akan meng-eskalasikan ke bagian IT yang ada di Kantor Pusat, Kemudian dari IT Kantor Pusat akan memandu orang Cabang dalam menangani problem yang terjadi.

Dengan jumlah Cabang yang banyak menyebabkan problem yang terjadi setiap harinya cukup banyak sehingga waktu untuk menangani masalah harus cepat. Agar mempercepat proses penanganan problem di Cabang maka diharapkan pegawai Cabang perusahaan memahami dan dapat melakukan hal dasar dalam troubleshooting masalah IT. Berikut ini beberapa pengetahuan dasar untuk mempercepat proses penanganan masalah IT yang ada di Cabang perusahaan :

1. Mengetahui IP address komputer anda dan server dapat dilakukan  dengan cara pada Klik Start , Klik Run, Klik Cmd pada tampilan command prompt ketikan IPconfig lalu tekan tombol enter maka akan terlihat IP address komputer tersebut.

2. Mengaktifkan NetMeeting agar IT pusat dapat melakukan Remote Desktop anda (jika aplikasi Remote Admin-nya tidak berfungsi) sehingga anda dapat melihat dan mengetahui apa saja yang sedang dilakukan oleh IT untuk mengatasi problem tersebut Caranya adalah ada komputer yang akan diremote : Klik Start, Klik Run lalu ketikan Conf lalu tekaN  tombol enter selanjutnya ikuti langkah – langkahnya.

3. Melakukan Perintah ‘Ping’ untuk mengetahui adanya koneksi antar komputer dan koneksi antara cabang dan kantor pusat, dengan cara pada komputer yang akan anda coba koneksinya : klik Start, klik Run, Klik Cmd. Ketikkan “Ping <IPAddress> komputer yang dituju (misalnya : Ping 10.122.1.11) Jika tampil “Reply From
<IP Address tujuan>“, maka koneksi berhasil

No comments:

Post a comment

Popular Posts