Sunday, 22 May 2011

Peak Performance

performanceada 3 elemen kunci untuk meningkatkan Peak Performance salah satunya adalah Job autonomy.

Dalam bukunya Daniel Pink bilang, kita harus memiliki sejenis kebebasan dan otonomi untuk menentukan pola kerja apa yang terbaik menurut pengalaman dan analisa kita (BEst Practice). Potensi kita biasanya akan gagal kalau terlalu banyak aturan yang kaku dan menekan apalagi situasi kerja cenderung bersifat otoriter dan membatasi ekspresi kreativitas kita. Job autonomy menjadi penting ketika kita dihadapkan pada sifat pekerjaan yang kompleks; dan melibatkan beragam variable yang saling berinteraksi. Dengan otonomi, kita bisa leluasa mengajukan beragam inisiatif, serta menentukan teknik dan cara kerja apa yang menurut kita (sebagai pelakunya langsung) paling baik. Dan saat itulah biasanya benih peak performance akan timbul.

Itulah kenapa jika kita berperan sebagai Leader, maka tugas kita adalah bagaimana menyodorkan otonomi yang konstruktif kepada orang yg kita pimpin.

Empowering, begitu bahasa kerennya.

Berikan ruang bagi para anggota yang kita pimpin untuk leluasa mengekspresikan "ide", dan juga ruang untuk mengimplementasikan insiatifnya.

2 elemen kunci lainnya yaitu mastery dan sense of purpose - silahkan dibaca sendiri bukunya :)

No comments:

Post a comment

Popular Posts