Wednesday, 25 May 2011

Pemeliharaan Ruang Server untuk Menjaga Availabilitas Sistem

technology updateBila kita bayangkan semua hardware yang digunakan untuk server dan client diletakkan dalam satu ruang yang sama sangat sulit untuk mengaturnya. Untuk itu semua device yang berhubungan dengan kelancaran kerja server ditempatkan pada suatu ruang tersendiri yang dikenal dengan Ruang Server. Ruang server adalah ruangan yang khusus untuk menyimpan server (BDS & SVS) dan perangkat kelengkapannya (UPS, Router, Switch Hub, Modem).

Ruang server wajib memenuhi standar pendukung seperti memiliki ruangan yang cukup luas sehingga mencukupi untuk menampung server dan peralatan pendukung serta tempat bekerja yang leluasa bagi staf yang sedang bekerja di ruang server.

Ruang server juga wajib dilengkapi dengan pendingin ruangan yang mencukupi sehingga dapat selalu menjaga suhu ruangan pada suhu 20 derajat celcius. Ruangan ini harus selalu dalam keadaan tertutup rapat dari akses secara fisik, instalasi kabel jaringan harus rapi dan diberi label keterangan untuk masing-masing kabel jaringan untuk memudahkan pemeliharaannya. Selain itu server dan seluruh perangkat pendukungnya (Modem, Router, Switch Hub, Modem) harus dihubungkan dengan UPS.

Oleh karena pentingnya keberadaan ruang server untuk mendukung availability dari sistem maka diperlukan pemeliharaan yang baik terhadap ruangan dan device–device di dalamnya.

Dalam pemeliharaan ruang server dan perangkat di dalamnya maka perlu diperhatikan bahwa tidak boleh membawa makanan, minuman serta merokok di dalam ruangan server. Ruang server juga tidak boleh difungsikan sebagai gudang (menyimpan barang-barang selain perangkat yang telah ditentukan) serta tidak diperkenankan melakukan pekerjaan yang tidak berhubungan dengan server dan jaringan computer dan semua ke- giatan diruang server harus dicatat di Log Book.

Untuk menjaga stabilitas server, dianjurkan untuk melakukan monitoring harian terhadap sisa hardisk (free space) dan melakukan penghapusan terhadap file-file yang tidak perlu agar free space disetiap partisi minimal 1 GB. Secara rutin Perusahaan melakukan restart server (minimal satu bulan sekali), hal ini akan meningkatkan kinerja server. Namun, sebelum melakukan restart  Perusahaan harus melihat dulu free space yang tersedia di drive C  minimal 1 GB.

Melakukan pembersihan Tape Drive dengan Cartridge Cleaning secara periodik minimal 2 kali sebulan akan dapat memperlancar proses back up harian. Dan yang tak kalah penting adalah secara periodik melakukan pengecekan pattern antivirus di server, sehingga gangguan dari virus dan kerusakan data dapat dihindari

No comments:

Post a comment

Popular Posts